Yamaha MT-09: Moge 3-silinder dengan Torsi Badak

Yamaha MT-09: Moge 3-silinder: "The Master of Torque" - Pasar moge di Indonesia terus bertumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik dari tahun ke tahun. Kondisi ini dimanfaatkan oleh para produsen sepeda motor dengan meluncurkan motor gede hasil karyanya. Salah satunya, Yamaha Indonesia yang baru saja meluncurkan MT-09.

Moge Yamaha MT-09 dan Teknologinya

Yamaha MT-09

Yamaha MT-09 resmi diluncurkan pada Senin (1/6) lalu di ajang PRJ 2015. Mengusung konsep synchronized Performance Bike, MT-09 mengusung 3 keunggulan, yaitu torsi bertenaga, handling lincah, dan agresif.

M. Masykur, Asisten GM Marketing PT YIMM mengatakan 3 keunggulan ini menjadikan MT-09 sebagai naked bike favorit. Moge ini sebelumnya sudah masuk duluan ke pasar Eropa dan menjadi top series.

"MT-09 sudah lama dinantikan publik di tanah air. Moge ini menjadi buah bibir saat pertama kali diperlihatkan di IMOS 2014 lalu. Bahkan motor CBU ini sudah dibeli konsumen. Kami harapkan dengan lebih mengetahui keunggulannya, menjadi masukan lebih lagu untuk konsumen memboyongnya dan berkendara di jalanan Indonesia." kata Masykur.

Yamaha MT-09 dijuluki sebagai Master of Torque. Moge ini dibekali 3 silinder berkapasitas 847cc dengan konfigurasi 120 derajat crankshaft dilengkapi teknologi YXT-T Yamaha Chip Controlled Throttle, Unequal Intake Tunnel, FS (Fracture split) connecting Rod sehingga mampu memuntahkan torsi maksimal 85,7 Nm pada putaran 8.500 rpm yang menjadikan MT-09 sebagai "Master of Torque" di kelasnya dan power maksimal 115 hp pada putaran 10.000 rpm.
spesifikasi yamaha mt-09
Harga Yamaha MT-09
Menurut M. Abidin, GM After Sales & Motorsport PT YIMM, MT-09 memiliki handling yang ringan dan lincah sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai transportasi harian. Didukung dengan rangka alumunium yang ringan dengan desain yang compact, Yamaha MT-09 memiliki rigitas yang baik saat berkendara.

"Rider akan merasakan kenyamanan dan kestabilan selama riding karena dilengkapi dengan alumunium tapered handlebars, seat yang panjang dan desain tangki yang mendukung posisi berkendara. Dipersenjatai adjustable suspension pada kedua suspensi, pengendara dapat menyesuaikan keinginannya saat bermanuver di berbagai medan jalan." papar M. Abidin.

"Tipe suspensi depan model upside-down membuat MT-09 semakin kekar dan suspensi belakang tipe Link yang nyaris horizontal membuat sentralisasi titik berat yang sangat baik." imbuhnya.

MT-09 memiliki karakter yang agresif yang tercipta dari desain air-scoop yang agresif, desain rangka yang kekar dan kuat, desaian muffler yang padat, dan ditopang oleh suspensi yang kokoh. Desain switch starter yang terintegrasi dengan switch engine stop memberikan kesan atraktif dan kompak. Liquid Crystal speedometer dan spion didesain compact dan bobotnya ringan sehingga harmonis dengan bodi mesin.

"Dengan semua fitur yang ada pada MT-09, saat berada di atas motor ini pengendara akan merasakan sensasi andrenalis yang menantang dan pride tersendiri saat mengendarainya." tutur Abidin.

Spesifikasi Yamaha MT-09

Mesin
3-silinder, pendingin cair, 4-tak, DOHC, 4-valves
Kapasitas
847 cm³
Diameter x Langkah
78.0 mm x 59.1 mm
Kompresi
11.5 : 1
Power
84.6 kW (115PS) @ 10,000 rpm
Torsi
87.5 Nm (8.9 kg-m) @ 8,500 rpm
Pelumasan
Wet sump
Kopling
Wet, Multiple Disc
Pembakaran
Fuel Injection
Ignition system
TCI
Starter
Electric
Transmisi
Constant Mesh, 6-speed
Final transmission
Chain

Sasis
Frame
Diamond
Suspensi depan
Telescopic forks
Front travel
137 mm
Caster Angle
25ยบ
Trail
103 mm
Suspensi belakang
Swingarm, (Link type suspension)
Rear Travel
130 mm
Rem depan
Hydraulic dual disc, ร˜ 298 mm
Rem belakang
Hydraulic single disc, ร˜ 245 mm
Ban depan
120/70ZR17M/C (58W) (Tubeless)
Ban belakang
180/55ZR17M/C (73W) (Tubeless)

Dimensi


Panjang
2,075 mm
Lebar
815 mm
Tinggi
1,135 mm
Tinggi Jok
815 mm
Wheel base
1,440 mm
Minimum ground clearance
135 mm
Bobot (termasuk oli dan bensin fulltank)
188 kg / ABS 191 kg
Kapasitas Tangki
14 L
Kapasitas oli
3.4 L

Yamaha MT-09 tersedia dalam 3 warna, yaitu Blazing Orange, Race Blue, dan Matt Grey. Moge ini dibanderol Rp. 250 juta OTR Jakarta. Tertarik?

Demikianlah informasi mengenai Yamaha MT-09: Moge 3-silinder dengan Torsi Badak. Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

Related Posts:

0 Response to "Yamaha MT-09: Moge 3-silinder dengan Torsi Badak"

Posting Komentar